MENGENAL MICROSOFT POWERPOINT 2007
Micorosoft
PowerPoint 2007 adalah program aplikasi untuk membuat presentasi secara
elektronik yang handal. Presentasi Power Point dapat terdiri dari teks, grafik,
objek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain.
Program
ini pun dapat dicetak secara langsung menggunakan kertas, atau dengan menggunakan
transparansi untuk kebutuhan presentasi melalui Overhead, serta dapat
dicetak untuk ukuran slide film. Apabila dibutuhkan dibagikan kepada audiens sebagai
bahan pendukung dalam presentasi, maka kita dapat mencetaknya seperti notes,
handout dan outline. Kita juga dapat menampilkan presentasi secara online baik
melalui internet maupun intranet.
Tampilan
Ms. PowerPoint 2007 mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan
versi sebelumnya. Pada dasarnya semua tools yang ada pada Ms. PowerPoint 2007
juga ada versi yang belumnya, tetapi tampilannya sangat berbeda dan terdapat
beberapa fitur tambahan. Jika Anda telah menguasai Ms. PowerPoint sebelumnya,
maka Anda akan lebih mudah untuk mempelajari kembali penggunannya pada Ms.
PowerPoint 2007.
Mengaktifkan Ms. PowerPoint
Langkah pertama yang harus
dilakukan adalah mengaktifkan Ms. Power Point 2007
yang ada di komputer Anda..
Pengaktifan Ms. Power Point 2007 ini bisa dilakukan
dengan langkah berikut :
• Klik START, pilih
Program, pilih Microsoft Office, dan kemudian klik Power Point.

Posisi menu bisa saja tidak
sama antara satu komputer dengan komputer lainnya,
Jika Anda sudah membuat
shortcut dan menempatkannya pada desktop, maka Anda dapat mengaktifkan Ms.
PowerPoint 2007 dengan mengklik (double click) icon shortcut tersebut.
Lembar Kerja Ms. PowerPoint
Seperti telah disampaikan
di atas, tampilan lembar kerja Ms. PowerPoint 2007 berbeda dengan Ms.
PowerPoint sebelumnya (mis: Ms. PowerPoint 2003), begitu juga dengan penggunaan
istilahnya.

Gambar 2. Lembar
Kerja Ms. PowerPoint 2007

Gambar
3.Tool in Ms. PowerPoint
Fungsi dari Tools dalam Ms.
PowerPoint 2007
Terdapat
perbedaan istilah yang digunakan Ms. PowerPoint 2007 dibandingkan versi
sebelumnya, antara lain penggunaan istilah Ribbon Tabs untuk menggantikan menubar dan Ribbon untuk kumpulan toolbar (tools
group).
a.
Fungsi
Utama Tombol Ms. Office (Ms. Office Button)
Ms.
Office Button berisi fungsi-fungsi utama dari File, antara lain : New,
Open, Save, Save as, Print, Prepare, Send & Publish.

Gambar
4.Fungsi Ms. Office Button
b.
Quick
Access Toolbar berisi
shortcut untuk fungsi Save, Undo, and Repeat.
Shortcut
ini dapat
ditambah dengan mengklik panah di sebelah kanan.

Gambar
5.Quick Access Toolbar
Jika
kita mengaktifkan seluruh menu yang ada di pilihan Customize Quick Access
Toolbar, maka shortcutnya akan aktif pada Quick Access Toolbar,
seperti gambar berikut ini :

Gambar 6 Customize
Quick Access Toolbar
c.
Ribbon
Tabs
Setiap
Ribbon Tab akan menampilkan Ribbon yang berisi beberapa set dari Tool Groups.
Ribbon tabs dalam Ms. PowerPoint 2007 antara lain : Home, Insert,
Design, Animations, Slide Show, Review, dan View.

Gambar
7 Ribbon Tabs
a. Ribbon Tab Home
Pada
Ribbon Tab Home terdapat beberapa tool group, antara lain : Clipboard,
Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing, yang berfungsi
untuk mengatur format slide dan isinya.
Clipboard,
terdapat tombol copy, paste, cut, dan format painter.
Slide,
terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
Paragraph,
terdapat tombol untuk mengatur perataan (alignment), bullet and
numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
Drawing,
terdapat tombol Text Box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill,
Shape Outline, dan Shape Effects.
Editing,
terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.
b. Ribbon Tab Insert
Ribbon
tab Insert terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
Tables,
perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda.
Illustrations,
terdapat tombol-tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart,
photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
Links,
tombol-tombol pada tool group ini dapat digunakan untuk membuat link pada
slide.
Media Clips,
untuk memperkaya tampilan slide Anda, maka anda dapat menambahkan file sound
(suara) atau movie (film).
c. Ribbon Tab Design
Jika
anda mengklik Ribbon tab Design, maka akan muncul Ribbon denganbeberapa
tool group, antara lain : Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk
mendesain slide Anda.
Page Setup,
terdapat tombol untuk mengatur orientasi dari slide, apakah anda akan
menggunakan orientasi portrait atau landscape.
Themes,
Anda bisa menggunakan pilihan desain yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint
2007untuk slide Anda.
Background,
untuk memperindah slide yang Anda buat, anda bisa menata latar belakang slide
Anda dengan menggunakan menu pada toolgroup ini.
d. Ribbon Tab Animations
Pada
Ribbon Tab Animations, Anda bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada
slide Anda. Terdapat 3 tool group yang bisa Anda gunakan, antara lain :
Preview,
tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang Anda berikan
untuk slide Anda.
Animations,
Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate
dan custom animations.
Transition to
This Slide, untuk memebrikan slide pada perpindahan slide yang Anda buat.
e. Ribbon Tab Slide Show
Ribbon
Tab Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
Start Slide
Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal (from
beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show)
atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
Set Up,
pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan
slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan menentukan
urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan.
Monitors,
Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini.
f. Ribbon Tab Review
Terdapat
tiga tool group pada Ribbon Tab ini, antara lain :
Proofing,
digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide.
Comments,
Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat.
Protect,
Anda bisa menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang Anda buat.
g. Ribbon Tab View
Tool
group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain :
Presentation
Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah
Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page,
dan slide show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai
dengan desain yang Anda inginkan.
Show/Hide,
untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan
penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
Zoom,
Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.
Color/Grayscale,
Pada bagian ini anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color)
atau hitam putih (grayscale).
Window,
Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split,
atau berpindah ke window lain.
4. Dialog Box Launcher
Apabila
Anda meng-klik Dialog Box Launcher berupa panah kecil di sudut sebalah
kanan bawah tools Group, maka akan teruka Dialog Box yang
mempunyai pilihan dan setting dari toolgroup tersebut.
Menyimpan Dokumen Ms.
PowerPoint 2007
Ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila Anda akan menyimpan dokumen yang
Anda buat, antara lain :
•
Apabila
Anda menyimpan dokumen sebagai Ms. PowerPoint 2007, maka dokumen tersebut tidak
dapat dibuka pada Ms. PowerPoint versi sebelumnya.
•
Selalu
menggunakan Save as untuk menyimpan dokumen, karena akan memudahkan memilih
tipe penyimpanan, disesuaikan dengan Ms. PowerPoint yang digunakan dan kebutuhan
lainnya.
Langkah-langkah
yang harus dilakukan dalam menyimpan dokumen, antara lain :
§ Klik logo/tombol Ms. Office
yang ada pada sudut kiri atas lembar kerja, kemudian pilih Save as. Ms.
Office Button >> Save as
a.
PowerPoin
Presentation,
Anda dapat menyimpan dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. PowerPoint
2007 (*.pptx)
b.
PowerPoint
Show, Anda
menyimpan dokumen yang Anda buat dimana jika Anda mengaktifkannya maka akan
terbuka sebagai tampilan Slide Show.
c.
PowerPoint
97-2003 Presentation,
Menyimpan copy dari presentasi yang anda buat dengan format yang dapat dibuka
di PowerPoint 97-2003.
d.
Find
Add-Ins for other file format, Anda dapat menyimpan dokumen yang Anda buat dalam
bentuk file formet yang lain, misalkan pdf dan xps.
e.
Other
Formats,
membuka dialog box Save as, untuk memilih dari semua tipe file format
yang tersedia atau memungkinkan.
FORMAT DOKUMEN
Agar presentasi yang kita
buat bener-benar sempurna dan layak untuk ditampilkan, Anda harus melakukan
pengeditan dan pemformatan. Dalam pembuatan presentasi Anda akan bekerja dengan
teks, table, slide dan elemen-elemen presentasi lain.
Bekerja dengan Teks
Teks merupakan elemen
presentasi yang paling penting. Agar presentasi kita menarik dan membantu Anda
dalam menjelaskan sesuatu, maka teks yang singkat, padat, jelas dan menarik
sangat berperan penting.
2.1.1 Menambahkan Teks
Dalam Power Point, terdapat empat tipe
teks yang dapat kita tambahkan dalam presentasi yang kita buat, antara lain :
1. Teks Placeholder
Placeholder adalah kotak yang dibatasi
titik-titik yang menjadi sebagian besar layout slide. Kotak ini menjadi
tempat judul dan teks atau objek seperti grafik, table dan gambar. Layout
Slide terdiri dari placeholder teks dan objek dalam suatu variasi
kombinasi. Dalam placeholder teks, ketik judul, sub judul, dan teks pada
slide Anda. Anda dapat mengatur ukuran dan menggerakan placeholder dan
memformatnya dengar border dan warna.

Gambar 2.1. placeholder
Untuk menambahkan teks ke
placeholder, klik bagian dalam place holder, dan kemudian ketik atau paste teks
yang hendak anda tuliskan.

Gambar 2.2. Membuat teks
pada placeholder
2. Teks Autoshape
Autoshape adalah satu grup
bentuk-bentuk siap pakai yang termasuk bentuk dasar, seperti segi empat,
lingkaran, ditambah dengan variasi-variasi garis dan hubungan, panah, symbol
flowchart, bintang, spanduk dan callout. Autoshapes seperti
garis dan panah muncul pada slide dalam bentuk utuh namun anda dapat
menggerakan, merotasi dan mengubah ukurannya. Jika Anda ketik teks ke dalam
sebuah Autoshape, teks tersebut akan menjadi satu dengan Autoshape dan
bergerak atau berotasi bersamanya.

Gambar 2.3. Shapes
Anda dapat memilih salah
satu bentuk Autoshape sesuai dengan yang anda perlukan, kemudian jika anda
memerlukan teks pada autoshape tersebut Anda bisa melakukannya dengan meng-klik
kanan bentuk Autoshape tersebut dan memilih add text, lalu ketikan teks yang
Anda inginkan.

Gambar
2.4. Membuat teks pada autoshape
3. Tex Box
Text Box adalah suatu tempat untuk
teks yang dapat bergerak dan berubah ukuran. Anda dapat menggunakan text box
untuk menempatkan teks dimanapun pada slide, seperti di luar sebuah
placeholder teks. Contoh. Anda dapat menambahkan judul atau keterangan untuk
sebuah gambar, atau table, atau grafik dengan membuat sebuah text box dan
menempatkannya di dekat objek tersebut. Selain itu, text box dapat digunakan
untuk menambahkan suatu teks ke suatu Autoshape, tetapi Anda tidak ingin
teks tersebut menjadi satu bagian dengan Autoshape. Suatu text box dapat
memiliki border, pengisi,bayangan, atau efek tiga dimensi, dan Anda dapat
merubah bentuknya.

Gambar 2.5. Tex Box
4. WordArt
WordArt adalah objek yang Anda buat
dengan efek siap pakai dan dapat diformat. Anda dapat menggunakan WordArt untuk
teks yang menarik. WordArt dapat diperbesar, diperkecil, dan dirotasi
atau dijadikan tiga dimensi atau vertikal.
Teks yang Anda ketik di
placeholder, seperti judul dan daftar ber bullet, dapat diedit di slide atau
tab outline. Teks dalam sebuah objek, seperti text box atau Autoshape, dan Teks
WordArt tidak muncul pada outline dan harus di edit di slide.
Latihan 1
Buat
beberapa slide di berikut ini
.Slide
1

Slide 2

Slide 3

Slide 4

2.1. Mengatur Format Teks
2.2.1. Format Font
Anda dapat menformat font
dengan mempergunakan tool group font yang terdapat pada tab ribbon Home.
Tool group font akan aktif jika anda mengaktifkan teks yang terdapat pada place
holder atau text box. Untuk mengaktifkan pemilihan pada toolgroup font, Anda
harus menyeleksi terlebih dahulu teks yang akan di format, atau meng-klik
placeholder teks yang akan di format.
1.
Menyeleksi teks (mem-blok teks yang akan di format)

Gambar 2.7. Menyeleksi teks
2.
Klik placeholder (meng-klik garis pada placeholder)

Gambar 2.8. mengaktifkan
placeholder
(garis menjadi tidak putus-putus)
Setelah Anda melakukan
salah satu langkah di atas, Anda dapat melakukan format melalui toolgroup
font yang terdapat di Ribbon Tab Home.

Gambar 2.9. Toolgroup Font
Selain melalui toolgroup
font, Anda juga dapat melakukan format font dari font dialog box yang
dapat diaktifkan dengan meng-klik :

Gambar 2.10. Font Dialog
Box
Toolgroup Font terdiri dari :
1.
Font (Jenis Huruf)
Anda dapat mengganti jenis huruf yang
dipergunakan untuk teks yang Anda buat, pilihan bentuk huruf dapat Anda pilih
melalui toolgroup font atau melalui Font Dialog Box.
2.
Font Size (Ukuran Huruf)
Dalam membuat tampilan presentasi
ukuran huruf sangatlah penting, besar kecilnya
3.
Font Style (Bold, Italic, Underline)
4.
Effect
Anda dapat memberikan efek pada teks
yang Anda buat, pilihannya bisa Anda lakukan melalui tombol yang ada di
toolgroup font atau melalui Font Dialog Box.
5.
Character Spacing
6.
Increase/Decrease Font Size
Tombol inu berfungsi untuk mengatur
ukuran huruf sesuai dengan keinginan Anda.
7.
Clear All Formating
Tombol ini berfungsi untuk menghapus
semua perintah format yang Anda lakukan dan hanya meninggalkan teks aslinya.
8.
Change Case
Change Case berfungsi untuk merupakan
penggunaan huruf besar dan huruf kecil pada teks yang Anda buat.
9.
Font Color
Selain melakukan perubahan pada jenis,
ukuran, gaya dsb. Seperti disampaikan di atas, Anda juga dapat memberikan warna
pada teks yang Anda buat
Latihan:
Ubahlah slide yang telah anda buat sehingga menjadi:

2.2.2. Format Paragraph
Selain
melakukan format Font, Anda juga dapat melaklukan format Paragraph dengan
mempergunakan toolgroup Paragraph yang terdapat pada ribbon tab Home.
Untuk mengaktifkan hasil format yang anda lakukan, terlebih dahulu anda harus
melakukan salah satu langkah di bawah ini
·
Meng-klik
placeholder yang berisi paragraph yang hendak di format, langkah ini dilakukan
jika hasil format berlaku untuk keseluruhan paragraph yang ada pada
placeholder.
·
Menyimpan
kursor pada salah satu paragraph, proses format yang anda lakukan hanya akan
aktif pada paragraph di mana kursor berada.
·
Menyeleksi
paragraph yang hendak di format, ini dapat dilakukan untuk memilih paragraph
tertentu yang akan di format.

Gambar 2.20.
Toolgroup Paragraph
1.
Alignment/Perataan
Selain perataan secara horizontal yang
dilakukan dengan mengklik tombol
, Anda juga dapat melakukan
perataan secara vertikal dengan mengklik tombol 


2.
Bullet and Numbering
Pada
slide theme maupun layout terdapat pilihan yang mengandung bullet/numbering, pilihan
bullet/numbering yang sudah anda bisa Anda ganti dengan mengklik tombol
, lalu memilih bentuk bullet/numbering yang Anda
kehendaki.

3.
Line Spacing
Tombol
ini dipergunakan untuk mengatur spasi pada paragraph yang Anda buat, selain
pilihan di atas Anda juga dapat mengatur spasi sesuai dengan keperluan Anda
dengan mengklik Line Spacing Options.
4.
Column
Latihan:
Ubahlah slide yang telah anda buat sehingga menjadi:

2.2.3. Menyisipkan
Gambar/Clip Art
1.
Menyisipkan Gambar
Untukmenyisipkan gambar pada slide
yang Anda buat, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Picture pada
toolgroup Illustration.

Gambar 2.27. Toolgroup Illustration
Setelah
Anda mengklik tombol Picture, maka akan muncul Dialog Box Insert Picture,
selanjutnya Anda tinggal memilih file gambar yang Anda kehendaki.
2.
Menyisipkan Clip Art
Selain
gambar, Anda juga dapat menyisipkan Clip Art pada slide presentasi yang Anda
buat, Clip Arti disediakan oleh Ms. Office maupun koleksi Anda dan juga hasil
penelusuran web site.
Setelah
meng-klik tombol Clip Art, maka akan mucul Task Pane Clip Art, untuk
mempermudah pemilihan maka sebaiknya Anda hanya mengaktifkan penelusuran untuk
My Collection dan Office Collection saja.
Pilihlah
Clip Art yang Anda kehendaki, Anda bisa mengklik langsung Clip Art yang Anda
pilih, atau mengklik panah kecil yang mucul disbelah kanan saat Anda menyorot
kursor pada clip art yang Anda kehendaki.
Latihan:
Buatlah slide berikut ini:

BAB
III
HYPERLINK
Hyperlink
merupakan fasilitas dalam pembuatan tampilan presentasi untuk mempermudah Anda mengatur
slide yang Anda buat. Fasilitas yang ada pada Ribbon Tab Insert ini
mempermudah kita untuk menampilkan bagian tertentu dari slide yang kita buat,
disesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam presentasi.
MEMBUAT HYPERLINK PADA SLIDE
PRESENTASI
1. Sebelum Anda membuat
Hyperlink, maka buatlah slide presentasi seperti di bawah ini



Buatlah slide presentasi di
atas semenarik mungkin, dengan desain yang Anda buat sendiri. Anda bisa
mendesainnya seperti Anda mendesain sebuah Web Site.
2. Membuat Link
a.
Seleksilah teks, gambar, clip art atau place holder yang
akan Anda Link.
b.
Kemudian, Klik Ribbon Tab Insert, lalu pilih Hyperlink
c.
Maka, akan mucul jendela dialog seperti berikut :
·
Existing
File or Web Page :
Anda me-link pada file yang telah ada sebelumnya, yang Anda simpan pada folder
tertentu. Atau Anda melakukan link ke alamat web tertentu dengan menuliskan
alamat web tersebut pada Address Bar.
·
Current
Folder :
Link pada file yang ada pada folder dimana file kita ada.
·
Browsed
Page :
Memilih link pada drive/folder dimana folder kita berada
·
Recent
File :
Muncul file-file yang bisa kita pilih untuk di link
·
Place
in This Document :
Anda melakukan link pada slide presentasi yang sama yang sudah Anda buat
sebelumnya.
·
Create
New Document :
Membuat document baru yang akan kita link dengan slide presentasi yang kita
tentukan.
·
E-mail
Address :
Link pada alamat email tertentu.
d.
Untuk
pilihan link berdasarkan slide yang kita pilih, maka kita melakukan link pada slide
lain yang ada pada file presentasi kita (Place in This Document).
Teks yang sudah ter-link
akan berwarna biru dan bergaris bawah.
e.
Melakukan
Link pada file lain yang ada di folder (misalkan link ke format document)
f.
Mencoba
aktif tidaknya link yang kita buat.
Untuk melihat aktif tidaknya link yang
kita buat, maka kita harus menjalankan slide presentasi yang telah kita buat
tersebut. Caranya :
·
Mengaktifkan
ribbon tab slide show dan memilih salah satu pilihan pada ribbon start slide
show. Atau,
·
Mengklik
tombol yang ada di bagian bawah, untuk menampilkan halaman yang sedang aktif.
g.
Untuk
setiap halaman yang menjadi link bagi menu utama dari slide Anda, Anda harus
membuat link kembali ke menu utama, atau menu tertentu sesuai dengan yang Anda
inginkan
MENJALANKAN PRESENTASI
Saat menjalankan presentasi pada
layar komputer (on-screen), seluruh layar akan digunakan dan komponen-komponen
layar seperti toolbar, menu, dan lain-lain akan hilang dari layar. Cara
menjalankan presentasi ini cukup sederhana, buka presentasi yang akan
dijalankan, lalu klik menu View, Slide Show atau menu Slide Show, View Show.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar